Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Komunitas Haritage Kunjungi Bangunan Sejarah di Kota Tegal

Sabtu, 18 Februari 2023 | Februari 18, 2023 WIB Last Updated 2023-02-18T17:18:36Z


SIBERSATU.COM - Komunitas Sahabat Haritage Indonesia  (SHI)  yang berpusat di Bandung, Sabtu 18/2 2023  berkunjung ke Kota Tegal, Sebelum melihat bangunan - bangunan sejarah di Kota Tegal, rpmbongan yang berjumlah 35 orang, di jamu oleh Wakil Walikota Tegal HM. Jamadi,  ST. MM di rumah dinasnya Jl.Kartini Kota Tegal. 


 Komunitas SHI berasal dari berbagai kalangan suku dan lintas agama, kelompok usia yang sangat cinta terhadap bangunan/gedung bersejarah di Indomesia.  


Menurut Iis Humas SHI, kegiatan kunjungan ke tempat bersejarah, khususnya di Tegal menjadi bahan pengetahuan atau refrensi dalam catatan penulisan buku sejarah atau di media sosial   biar masyarakat tahu tentang keberadaan bangunan bersejarah di Indonesia.  


Ketua Komunitas SHI Hari Mathias mengatakan, bahwa ternyata Tegal tidak saja di kenal Warteg nya saja,  tapi Kota Bahari yang berada di jalur pantura ini memilik bsnyak bangunan sejarah peninggalan Kolonial Belanda, seperti gedung Birao atau SCS (Semarang, Cirebon Stroomtram maschelppij) yang dbangun sekitar tahun 1911 oleh Arsitektur Belanda Henri Maclaine.

Gedung.milik PT. Kereta Api Indonesia yang bangunanya mirip gedung Lawang Sewu Semarang dulu pernah dijadikan perkantoran dari sejumlah instansi dan pernah juga menjadi  kampus UPS Tegal. 


Selain melihat gedung SCS tersebut rombongan SHI ngunjungi Klenteng Tek Hai Kyong Tegal dan mengunjungi Makan Amangkurat  di Desa Pesarehan Kabupaten Tegal.  Hari mengaku sangat terkesan melihat sejumlah bangunan bersejarah yang ada di Kota Tegal,,  dan berharap pemerintah tetap melestarikan dan memelihara gedung bersejarah tersebut.  


Saat menyambut kedatangan rombongan  SHI wakil walikota  Tegal HM. Jumadi,  ST. MM,  menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada rombongan pecinta bangunan besejarah kegiatan ini diharapkan mampu menggugah generasi muda lainnya untuk mencintai peninggalan sejarah

Nasi khi (Tegal)

×