Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Kwaran Tegal Timur Kembali Tegal - Raih Juara Umum Pesta Siaga Tingkat Kota Tegal

Sabtu, 25 Februari 2023 | Februari 25, 2023 WIB Last Updated 2023-02-26T04:14:57Z


SIBERSATU.COM - Pesta Siaga Kwartir Cabang Pramuka Kota Tegal yang digelar Sabtu (25/2/2023). di lapangan Tegal selatan berlangsung meriah, masing - masing peserta menunjukan kebolehannya dengan menampilkan berbagai atraksi, yang disaksikan dewan juri dan masyarakat sekitar.


Pesta Siaga di buka oleh Diyah Probondar SH,M.KN selaku anggota Mabicab yang juga istri wakil walikota, Tegal  HM.Jumadi  Dia juga sebagai wakil Ketua Penggerak PKK Kota Tegal.


Dalam sambutannya Diyah Probondari menyampaikan bahwa "Peran gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal menjadi penting dalam perannya sebagai ruang untuk membentuk generasi penerus bangsa, menjadi generasi yang siap menghadapi era yang penuh tantangan generasi sekarang harus memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin dan harus menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa".


Menurutnya, masa depan suatu bangsa sangat di tentukan oleh kualitas generasi penerusnya. Untuk menjadi bangsa yang kuat maju serta mandiri dalam segala bidang di butuhkan generasi yang unggul baik jasmani,rohani maupun intelektualnya.


"Tidak terkecuali dalam penguasaan tehnologi, yang kita ketahui bersama telah berkembnag dengan pesat." Jelas Diyah. 


Dikatakan, pembentukan budi pekerti dan karakter tidak dapat di kesampingkan,sebagai pondasi utama anak untuk tumbuh sebagai generasi unggul. 


Pesta siaga dihadiri oleh  Muhammad Jumadi,ST.MM., Selaku Ka Kwarcab, para Wakil Ketua Kwarcab, Sekretaris Kwarcab, Para Andalan Kwarcab, Forkompincam, Ka Kwarran Se Kota Tegal, Dewan Kerja Cabang (DKC), Para Mabigus Peserta Pesta Siaga dan Pembina Pendamping. 


Yuni Arfandi  selaku ketua panitia menuturkan bahwa tujuan pesta siaga Kwartir cabang Kota Tegal adalah sebagai ajang pertemuan besar para siaga,mengasah ketrampilan kepramukaan pesera didik siaga dan mengenal persaudaraan pramuka siaga se- Kota Tegal.


Yuni menambahkan peserta pesta siaga adalah utusan empat Kwartir ranting yang telah terseleksi pada pesta siaga tingkat Kwartir ranting sebagai juara 1, 2 dan 3 putra, serta juara 1,2 dan 3 putri. Sehingga jumlah peserta sebanyak 12 barung putra dan 12 barung putri. Selanjutnya bagi mereka yang berprestasi menjadi juara 1, 2 dan 3 putra maupun putri akan mengikuti pesta Siaga tingkat Koorwil Pekalongan pada tanggal 11 Maret 2023 di Kabupaten Pekalongan.


Adapun Taman/ Pos yang di sediakan  dalam kegiatan ini diantaranya, Taman Agama, Seragam Pramuka, Scouting skill, Pengetahuan Umum, Siaga Hebat Permainan Iok, Seni Budaya dan Peduli sesama serta Bumbung kemanusiaan dan yang terakhir PBB (peraturan Baris berbaris).


Dari serangkaian kegiatan tersebut keluar sebagai juara umum adalah Kwaran Tegal Timur. Diketahui juga bahwa Tegal Timur juga sebagai juara umum pada pesta siaga tahun 2022. Dari serangkain  kegiatan Pesta Siaga Kwarcab Kota Tegal 2023. Adalah tergiat putra yaitu, juara 1 dari SD Negeri Tunon 2, juara 2 dari SD Negeri Kejambon 7, juara 3 dari SD negeri Tegal Sari 1 sedangkan tergiat putri berturut – turut Juara 1, 2 dan 3 dari SD negeri Panggung 9, SD N Randugunting 6 dan dari SD  negeri Kejambon 6. 


Panitia juga memberikan apresiasi dan penghargaan berupa tropy kepada peserta pertendaan terbaik. Tropy terbaik 1,2 dan 3 di berikan kepada SD Negeri Randugunting 6, SD Ikhsaniyah Gajahmada dan SD Kjambon 7. 

Rep. Abiet Sabariang

×