Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Wisata 'Kebun Buah' Desa Purbayasa Tegal Wajib Dikunjungi, Ada Apa?

Rabu, 22 Februari 2023 | Februari 22, 2023 WIB Last Updated 2023-02-23T10:24:01Z


SIBERSATU.COM - Mendengar nama daerah Tegal, ingatan kita tentu tidak terlepas dari keberadaan 'warteg' atau Warung Tegal yang sudah tersebar dimana mana. Namun kali ini tidak akan membahas soal warteg atau Tegal yang dulu di kenal sebagai 'Jepang' nya Indonesia, karena di wilayah Tegal ini lah semua jenis komponen yang terbuat dari logam sernuanya bisa di produksi di Tegal.


Nah, kami ajak snda untuk mengetahui keberadaan destinasi wisata terbaru di Tegal yang saat ini sedang tranding atau lagi menjadi pembicaraan  di medsos bagi mereka yang ingin berlibur atau bersantai sambil menukmati keindahan alan terbuka, solusinya adalah wisata Kebun Buah yang berasa di Desa Purbayasa kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal.


Meskipun baru dibuka awal tahun ini (2023)  namun sudah mampu menyedot animo masyarakat, berkunjung kelokasi tersebut.

Kebanyakan mereka yang berkunjung adalah wisatawan lokal, Tegal dan sekitarnya, dan  merekapun terlihat sangat menikmati keindahan dan kesejukan  saat lokasi wisata tersebut dengan  mengabadikan moment keceriaan dengan spot-spot foto dengan latar belakang alam terbuka yang masih asri.


Ungkap Solikhin, kenapa dinamai  wisata kebuh buah, dulunya di area yang cukup luas ini merupakan kebun buah, dan kandang ayam dan sekarang di rubah menjadi wisata edukasi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti kolam renang, kebun buah, kebun binatang mini, kolam pemancingan, tanaman apotik hidup, resto, dan fasilitas lainnya yang saat ini masih proses pengerjaan. Termasuk kolam renang olympic dan mengembangkan produk UMKM warga sekitar. 

"Yah karena kedepan rencana masih terus mengembangkan lahan ini untuk wahana yang lain, seperti penambahan kolam renang dan sebagainya," tutur Solikhin. salah seorang kepercayaan H. Fathudin sang pemilik wisata Kebun Buah Desa Perbuyasa Pangkah Kabupaten Tegal. 

Solikhin mengatakan, bahwa ini bukan sekedar tempat wisata tetapi juga sebagai tempat edukasi bagi anak-anak untuk memperkenalkan lebih dini jenis tanaman obat-obatan.


Sarjana ekonomi dari salah satu universitas di Semarang berharap wisata ini kedepan bisa menjadi wisata andalan di Kabupaten Tegal.


"Untuk bisa masuk ke wisata Kebun Buah, pengunjung hanya beli tiket masuk Rp. 15 ribu untuk semua umur." Pungkas Solikhin. 


H. Fatyhudin pemilik wisata Kebun Buah kepada media Rabu (22/2) 2023 mengatakan, dulunya lahan tersebut berupa kandang ayan dan kebun buah, tapi seiring dengan berkembangnya pemukiman penduduk, akhirnya punya gagasan untuk dijadikan tempat wisata.


"lalu saya semangat karena ide kami mendapat sport dari teman dan dukungan keluarga. jadilah seperti ini." tuturnya. Kemudian, semangat kami melihat warga sekitar kalau mau berenang atau refresing ramai ramai naik odong-odong, nah dengan adanya wisata ini sekarang mereka tidak harus jauh jauh saat ber refresing. Kata Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) hasil Pemilihan pada Munas Aptri  Maret 2022 di Surabaya, dengan adanya destinasi wisata ini  menambah keramaian wilayah Desa Purbayasa dan UMKM sekitar bisa berkembang. 


Dengan adanya wisata ini juga bisa memecah kemacetan arus lalu lintas pada obyek wisata tertentu terutama saat hari besar atau liburan, karena wisatawannya tidak tertuju pada beberapa obyek wisata saja, tapi banyak alternatif. 

Nasikhi (Tegal)

×