Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Aspotdirga Kaskoops Udara Nasional Buka Binpuanter dan Bin Babinpotdirga Jajaran Koops Udara Nasional

Kamis, 09 Maret 2023 | Maret 09, 2023 WIB Last Updated 2023-03-09T13:58:10Z

SIBERSATU.COM - Jakarta, (Pen-Koopsudnas). Aspotdirga Kaskoops Udara Nasional Marsma TNI Fajar Adriyanto, M.B.A., M.Si (Han)., mewakili Panglima Koops Udara Nasional Marsdya TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., membuka acara Pembinaan Kemampuan Teritorial dan Pembinaan Babinpotdirga Jajaran Koops Udara Nasional TA 2023 di Gedung Leo Wattimena Makoopsudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (09/03/2023).

Acara yang dihadiri oleh para Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpotdirga) jajaran Koops Udara Nasional ini, mengangkat tema "Dilandasi Jiwa Patriotisme Spotdirga Koops Udara Nasional Siap Mewujudkan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Udara Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI AU".

Panglima Koops Udara Nasional dalam sambutannya yang dibacakan Aspotdirga Kaskoops Udara Nasional mengatakan bahwa Pembinaan Ketahanan Wilayah Dirgantara (Bintahwildirga) merupakan salah satu bagian dari pembinaan potensi dirgantara yang pada hakekatnya dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan udara sebagai Satkowil dan Satnonkowil, bertugas melaksanakan kebijakan-kebijakan pimpinan terkait penyelenggaraan Bintahwildirga.

"Untuk itu, diperlukan langkah pembinaan kepada seluruh jajaran Koops Udara Nasional yang salah satunya dengan menyiapkan para pejabat Potdirga untuk memiliki kemampuan teritorial agar mampu melaksanakan tugasnya secara optimal", jelas Panglima Koops Udara Nasional. 

Di akhir, Panglima mengatakan "Melalui acara ini, saya berharap para Babinpotdirga dapat menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan masyarakat, satuan samping maupun instansi terkait, sehingga dapat menciptakan sinergitas yang solid. Dengan demikian, pembinaan potensi dirgantara dapat di wujudkan menjadi kekuatan untuk membantu komponen utama pertahanan negara melalui terwujudnya ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan udara guna menjaga keamanan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)", tutup Panglima.

Selaras dengan Panglima Koops Udara Nasional, dalam kesempatan ini Aspotdirga Kaskoops Udara Nasional menekankan diantaranya sebagai ujung tombak dalam melaksanakan tugas Potdirga di wilayah agar menggunakan “soft power”, mengawal program pemerintah dan kebijakan Kotas dalam berinteraksi dengan masyarakat, dan menjaga soliditas dan sinergitas TNI-Polri.

Lebih lanjut, Aspotdirga menekankan agar Babinpotdirga selalu aktif menggerakan Ordirga dan Pramuka Saka Dirgantara, tingkatkan kemampuan “temu cepat, lapor cepat & akurat”, dalam melaksanakan pembinaan olahraga dirgantara para Babinpotdirga selalu mengingatkan dan mengedepankan faktor safety.

Turut hadir Dirdiklat Pusterad Brigjen TNI FX Giyono sebagai narasumber dari Pusterad, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Binawasa Dr. Joko Mursitho, M. Si., sebagai narasumber dari Pramuka, para Paban Spotdirgaau, dan para Direktur Puspotdirga. Turut hadir secara daring para Babinpotdirga jajaran Lanud yang tidak mengikuti tatap muka.

Red.
×