Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Hari Ketiga Lebaran Pengunjung OW Guci Tegal Membludak

Senin, 24 April 2023 | April 24, 2023 WIB Last Updated 2023-04-26T13:13:01Z

SIBERSATU.COM - Obyek wisata Guci menjadi salah satu destinasi wisata yang paling ramai di kunjungi baik  wisatawan lokal maupun dari liar kota Tegal. Dipilihnya Guci sebagai tempat berlibur  Karena tempatnya yang sejuk pemandangannya yang indah, dikawasan wisata ini juga terdapat empat destinasi wisata lainnya dengan berbagai mainan dan pemandian air panas, hotel dan sederetan villa yang dikelola oleh swasta. 

Pada hari ketiga setelah lebaran (Senin 24/4 2023) pengunjung  mencapai 10.000 orang, hari kedua sekitar 9000 pengunjung sedangkan pada hari pertama hanya 2000 pengunjung. 

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Tegal Hasib ketika dihubungi melalui telpon Senin (24/April 2023) mengatakan di Kabupaten Tegal terdapat sejumlah wisata baik yang dikelola pemerintah maupun swasta, diantaranya obyek wisata Waduk Cacaban, Purwahamba Indah, dan paling ramai pengunjungnya adalah obyek wisata Guci, dimana didalam wisata guci terdapat sejumlah wahana mainan serta dilengkapi dengan dan perhotelan, pemandian air panas yang mengandung belerang villa dan fasilitas lain. 

Selama lebaran pengelola wisata guci menyiapkan berbagai sarana termasuk posko keamanan yang dilengkapi dengan dua unit mobil siaga. Sedangkan harga tiket masuk kawasan guci Rp. 13 ribu/orang. 

 Hasib mengatakan, untuk antisipasi keamanan dinas pariwisata bersinergi dengan unsur keamanan seperti dari jajaran kepolisian, TNI, Satpol PP Dan Dinas Perhubungan, termasuk anggota Pramuka dan ormas.

Hasib menjelaskan tingkat keramaian pengunjung  kawasan wisata guci pada perayaan Idhul Fitri diperkirakan hari Selasa meskipun Rabu besok para. pegawai sudah mulai masuk kerja. Secara keseluruhan tingkat keamanan selama lebaran kawasan guci aman, hanya ada satu orang yang tertangkap karena kedapatan mencopet sesama pengunjung. "pelakunya sudah diamankan oleh petugas." tutur Hasib.

Dia juga menghimbau kepada pengunjung wisata di wilayah Kabupaten Tegal selalu berhati hati dan waspada termasuk keamanan yang ada didalam wahana mainan Itu sebabnya Disparta  mengharuskan kepada para pengelola Wahana mainan yang ada di kawasan guci  harus ada dua petugas resque yang ikut ngawasi demi keselamatan pengunjung. 

Sementara di tempat Pemandian air panas Panca Ripis Desa Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal yang lokasinya tidak jauh dari OW Guci juga padat, kebanyakan yang datang rombongan keluarga, di Panca Ripis tidak hanya. menikmati pemandian air panas yang airnya dari mata air pegunungan lereng gunung Slamet tetapi didukung dengan panorama sekitar yang indah dan spot foto yang bagus. Wisata Panca Ripis lokasinya sekitar 300 meter dari pertigaan Tuwel atau arah ke Bumijawa juga dilengkapi dengan kuliner khas pedesaan.

Jimy selaku koordinator wisata yang di kelola oleh BUMDES Desa Tuwel, mengatakan pada hari ketiga setelah lebaran pengunjung Panca Ripis mencapai sekitar 500 pengunjung. Tiket masuk ke Panca Ripis Desa Rp. 15.000,- dan anak-anak Rp.10.000,- (*) 
×