Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Komandan Kolat Penerbal Hadiri Penutupan Latsarmil Komcad Matra Laut 2023

Senin, 31 Juli 2023 | Juli 31, 2023 WIB Last Updated 2023-07-31T09:50:47Z

TNI AL-Puspenerbal (31/7/2023) | (Dispen Puspenerbal).Komandan Komando Latihan Penerbangan TNI Angkatan Laut (Dankolatpenerbal) Kolonel Laut (P) Gugus Wahyu menghadiri Penutupan Pelatihan Dasar Kemiliteran Komponen Cadangan Matra Laut TA 2023 yang digelar di Lapangan Ewa Pangalila, Kodikmar, Surabaya, Senin (31/7/2023).

Komandan Kodiklatal, Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono memimpin jalannya upacara penutupan Latsarmil Komponen Cadangan Matra Laut yang diikuti sedikitnya 500 personel tersebut.

Dari jumlah tersebut, berasal dari kalangan mahasiswa, pegawai pemerintahan serta pegawai swasta melalui beberapa seleksi untuk selanjutnya mengikuti pendidikan dasar kemiliteran selama tiga bulan di Kodikmar Surabaya.

Menurut Dankodiklatal, Komcad ini, dididik, ditempa dan disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Pelatihan dasar kemiliteran yang diterima lanjutnya, meliputi Peraturan Militer Dasar (Permildas), Pembentukan Karakter Prajurit, Latihan Menembak dan Berganda yang dilaksanakan di Puslatpur-4 Marinir Purboyo serta pelaksanaan pengenalan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut. 

Prosesi Pengesahan Prajurit Komponen Cadangan diawali dengan penanggalan tanda siswa, pemasangan baret, penyerahan ijazah secara simbolis dan pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Inspektur Upacara. 

"Saya bangga bisa berdiri di tengah-tengah para prajurit komponen cadangan pertahanan negara yang terbukti kuat tangguh dan berwibawa, semoga setelah dilantik anda semua dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan selama mengikuti pendidikan dan yang terpenting adalah para anggota komcad dapat mengibarkan semangat bela negara dalam penerapan sistem pertahanan dan keamanan rakyat atau Sishankamrata", kata Inspektur Upacara di sela-sela amanatnya. 

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir SEVP PT PAL, Laksda TNI A.R. Agus, Aspotmar Kasal, Wadankodiklatal, Ses Ditjen Pothan Kemhan, Kaskogartap III Surabaya, Kaskoarmada II, Seklem AAL, Ir Kodiklatal, Dan STTAL, Dankodikdukum, Dankodikmar; Sekdispsial, para direktur Kodiklatal, pejabat utama Kodikmar dan pimpinan Perguruan Tinggi dan Rektor Surabaya.

×