Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Ratusan Anggota Samapta Polda Turun ke Lapangan Bersihkan Tepi Laut Padang

Jumat, 14 Juli 2023 | Juli 14, 2023 WIB Last Updated 2023-07-14T14:11:31Z

SUMBAR |  Kata Samapta diambil dari kata Sanskerta yang berarti keadaan siap sedia atau waspada, Samapta juga merupakan fungsi kepolisian yang harus selalu siap siaga untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Begitu juga dengan Samapta Polda Sumbar yang siap siaga menjaga keamanan di Sumbar, yang Dikepalai oleh Kombes Pol Achmadi S. iK. Selalu Berusaha sepenuh hati menjaga keamanan masyarakat, khususnya Sumatera Barat. Keterbukaan Samapta Polda Sumbar terlihat dari cara mereka membuka tangan atas kunjungan MOI Sumbar dalam rangka diskusi dan silahturahmi, yang dilaksanakan Kamis (13/07/2023) di ruang rapat Samapta Polda Sumbar.

Walaupun Ditengah kesibukan, Kombes Pol Achmadi, tetap menyempatkan waktu untuk diskusi ini, karena Achmadi tahu betul bahwa media merupakan kontrol sosial.

Dalam diskusi Kombes Pol Achmadi menghimbau masyarakat, khususnya kota Padang untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungan, dan membuang sampah pada tempatnya.

Walaupun bukan profesi yang berkecimpung di dunia lingkungan, Samapta beserta jajaran Polda Sumbar lakukan aksi kebersihan di sepanjang pantai padang, dalam rangka HUT Bhayangkara ke – 77, yang dilaksanakan dihari yang sama saat diskusi dengan MOI Sumbar.

Dalam Aksi kebersihan ini, terkumpul 2 truk sampah yang berhasil di bersihkan oleh jajaran Polda Sumbar. Dir Samapta Kombes Pol Achmadi menyebutkan bahwa Di hari berikutnya juga akan ada juga pembersihan sampah di Pantai Air Manis.

Hal tersebut dilandasi kepedulian masyarakat sekitar Air Manis yang meminta pertolongan kepada aparat, dan di sambut dengan baik juga oleh aparat dan polisi.

Apresiasi penuh dilimpahkan dari masyarakat atas kepedulian Polda Sumbar terhadap kebersihan di Sumatera Barat walaupun itu bukan bidang mereka.

Menyikapi hal itu, ” Jika Masyarakat butuh, kami Aparat, kapan saja siap” ujar Achmadi. Kesigapan ini memang merupakan nilai penting yang harus dimiliki oleh instansi penting di Negara Republik Indonesia.

Achmadi juga mengharapkan Dinas Kebersihan untuk bisa berkolaborasi dengan Polisi dalam menjaga kebersihan dan lebih peduli lagi.

Dalam diskusi tersebut, Kombes Pol Achmadj juga menjawab keresahan masyarakat terhadap tawuran yang maraknya terjadi di sumbar khususnya kota padang.

Antisipasi tawuran melalui Patroli Presisi dikerahkan dan beberapa kali berhasil mengatasi kasus tawuran, walaupun beberapa personel ada yang terkena dampak dari tawuran tersebut.

“Sebenarnya saya kasihan dengan anggota saya yang dilapangan, sampai kena dampak dari tawuran ini” kata Achmadi.

Namun demi menjaga keamanan masyarakat, Polda Sumbar, khusunya Samapta rela mengesampingkan ketidak tegaan terhadap personelnya yang menempuh bahaya. Dilihat dari pelaporan dan aduan masyarakat terhadap Tawuran ini menjadi bukti bahwa masyarakat sangat mempercayai polisi dalam menjaga keamanan mereka.

Berbagai cara dilakukan demi pencegahan aksi tawuran, dengan cara menegur pemuda yang nongkrong sampai larut malam, hingga patroli di daerah yang rawan terjadinya tawuran.

Namun tawuran kadang terjadi bukan dengan tujuan ribut antar kelompok, tapi berkedok begal. Hal itu nantinya yang akan jadi perhatian khusus bagi Samapta Polda Sumbar dan siap melakukan back up ke Polsek yang memiliki keterbatasan personel.

Dengan motto “kita bangga jika menangkap, dan mulia ketika mencegah”, menjadi landasan bagi Samapta Polda Sumbar untuk selalu sigap menjamin keamanan masyarakat Sumbar, dan siap menjadi kepertcayaan masyarakat Sumbar 

(rel)

×