Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Deteksi Dini Bahaya Kanker, Puspenerbal Gelar Ceramah Kesehatan

Selasa, 01 Agustus 2023 | Agustus 01, 2023 WIB Last Updated 2023-08-01T09:15:21Z

TNI AL, Puspenerbal (1/8/2023) | (Dispen Puspenerbal). Untuk mengingatkan prajurit dan keluarga akan penyakit Kanker sebagai penyebab kematian kedua di dunia setelah penyakit kardiovaskular, Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) menggelar ceramah kesehatan sebagai upaya diteksi dini bahaya Kanker bagi personelnya, Selasa (1/8/2023).

Ceramah Kesehatan yang digelar Puspenerbal bersama PG Jalasenastri Puspenerbal dengan topik "Deteksi dini kanker prostat, kanker serviks, dan kanker payudara" kali ini, dihelat di Wisma Perwira Lanudal Juanda.

Sosialisasi tentang bahaya Kanker ini, menghadirkan Ervina Yanti Harahap, S. Kep., Ns. , M. Kep., dari Yayasan sebagai narasumber. Tampak hadir Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal Ny. Anik Imam Musani, Wakil ketua gabungan Jalasenastri Ny. Dicca Bayu Alisyahbana, pengurus dan anggota Jalasenastri dijajaran Puspenerbal lainnya. 

Wakil Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Wadan Puspenerbal) Laksma TNI Bayu Alisyahbana, mewakili Danpuspenerbal Laksda TNI Dr. Imam Musani, membuka giat Ceramah Kesehatan tersebut.

Dalam sambutan Danpuspenerbal yang disampaikan oleh Wadan Puspenerbal menyampaikan bahwa kanker telah menjadi salah satu penyakit utama yang signifikan diseluruh dunia. Dimana pada saat ini kanker merupakan penyakit yang menduduki peringkat tertinggi sebagai penyebab Kematian kedua di dunia setelah penyakit kardiovaskular. 

Mengingat bahayanya penyakit kanker ini lanjut Danpuspenerbal, maka perlu dilaksanakan kegiatan ceramah kesehatan tentang Kanker, sebagai bentuk nyata dari usaha preventif Puspenerbal bekerjasama dengan Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia. 

"Hal tersebut guna meningkatkan kepedulian kita terhadap berbagai masalah kesehatan yang diderita atau berpotensi untuk diderita oleh para prajurit, PNS atau keluarga yang saat ini sehat tetapi berisiko menderita Jenis kanker," terangnya. 

Jenis kanker yang saat ini tambahnya,  banyak diderita oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia dan dunia yang diakibatkan oleh dua faktor penyebabnya yang paling sering terjadi yaitu faktor internal seperti keturunan. 

Kemudian faktor eksternal Misalnya perubahan hormon, obesitas, kurang berolahraga, paparan radiasi, virus, dan bahan-bahan kimia yang bersifat karsinogenik. 

Dengan ceramah kesehatan ini tambahnya, diharapkan akan meningkatkan kesadaran para prajurit, PNS, maupun keluarga dilingkungan Puspenerbal tentang pencegahan,  deteksi dini dan pengobatan kanker sehingga setiap individu dapat berkontribusi untuk mengurangi dampak penyakit kanker ini. 

Turut hadir dalam kegiatan ceramah kesehatan ini pejabat Utama Puspenerbal, Komandan Satuan, Kasatker dan Ketua beserta pengurus cabang 1 , 2, 3, 10 , 11 Gabungan Jalasenastri Puspenerbal.

×