Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Prajurit Lanudal Jakarta Terlibat Latihan Prosedur Search and Rescue Laut Kolinlamil TA 2023

Rabu, 25 Oktober 2023 | Oktober 25, 2023 WIB Last Updated 2023-10-26T02:07:16Z

TNI AL-Dispen Puspenerbal (26/10/2023) | Prajurit Pangkalan Udara TNl Angkatan Laut (Lanudal) Jakarta Puspenerbal terlibat aktif dalam latihan Prosedur Search and Rescue (SAR) Laut Kolinlamil TA 2023 yang dibuka Panglima Komando Lintas Militer Angkatan Laut (Pangkolinlamil) Laksda TNl Edwin, Rabu.

Komandan Lanudal Jakarta Puspenerbal, Mayor Laut (P) Rai memimpin langsung prajuritnya dalam Upacara Pembukaan dan Apel Kesiapan Latihan Prosedur SAR Laut Kolinlamil TA 2023 yang digelar di Lapangan M. Silam, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.

Pada kesempatan tersebut, Pangkolinlamil menekankan kembali  kepada seluruh pelaku latihan agar memahami dengan benar tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, siapa berbuat apa dalam pelaksanaan manuver lapangan yang akan dilaksanakan di perairan Teluk Jakarta.

"Laksanakan seluruh rangkaian kegiatan latihan dengan berpegang teguh pada Standar Operasional Prosedur yang berlaku dan keselamatan personel serta materiil tetap menjadi prioritas utama," serunya.

Mantan Danpuspenerbal ini juga menginstruksikan agar setiap prajurit yang terlibat latihan, maupun personel pendukung harus mampu meminimalisir hal-hal yang berpotensi menimbulkan kerugian personel maupun materiil.

"Satu hal yang harus kita laksanakan, baik secara pribadi ataupun bersama-sama, yakni berdoa sebelum memulai kegiatan. Semoga Tuhan YME selalu melindungi dan memberikan kita semua keselamatan serta kelancaran sehingga tujuan dari latihan dapat tercapai dengan baik dan hasil maksimal," ungkapnya.

Sementara itu Danlanudal Jakarta mengatakan bahwa Lanudal Jakarta mengambil peran sangat penting dalam latihan ini. Pentingnya fungsi pangkalan dalam memberikan dukungan ground handling dan fasilitas pangkalan.

Sehingga proses evakuasi dari helikopter Panther  HS-1311 yang melaksanakan pencarian dan pertolongan dapat dilaksanakan dengan maksimal, cepat dan tepat.

Ia berharap, keikutsertaannya dalam latihan ini, dapat meningkatkan profesionalisme antara air crew dan Pangkalan, sehingga prajurit Puspenerbal selalu siap menghadapi tantangan operasi.

×