Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Dentuman TNT Awali Latihan Dikko 173 Taruna AAL Tingkat II Korps Marinir Angkatan ke-71

Jumat, 05 Januari 2024 | Januari 05, 2024 WIB Last Updated 2024-01-06T04:46:29Z

AAL, Situbondo (3/1/2024) | Dentuman keras TNT menjadi pembuka pada Upacara Pembukaan Latihan Praktek (Lattek) Pendidikan Komando Taruna AAL Tingkat II Korps Marinir Angkatan ke-71, Dikmaba Marinir Angkatan ke-43 Gelombang 1 dan Siswa Dikmata Marinir Angkatan ke-43 Gelombang 1. Lattek Dikko dibuka di Pusat Latihan Tempur Marinir 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (3/1/2024).

Dankodikmar Kodiklatal, Brigjen TNI (Mar) Samson Sitohang, S.I.P., M.M., mewakili Dankodiklatal Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr.Hanla., sebagai Irup dalam Upacara Pembukaan Lattek Dikko. Turut hadir dalam upacara tersebut Kadepmar AAL mewakili Gubernur AAL, jajaran pejabat Kodikmar, serta Instansi terkait Kota Banyuwangi.

Lattek Dikko Angkatan ke-173 ini diikuti oleh 502 Siswa, diantaranya 58 Taruna AAL Tingkat II Korps Marinir Angkatan ke-71 sebagai Dantim, siswa Dikmaba Marinir Angkatan ke-43 Gelombang 1 dan Siswa Dikmata Marinir Angkatan ke-43 Gelombang 1.

Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah dalam sambutannya yang dibacakan Dankodikmar menyampaikan bahwa Lattek Dikko bertujuan mendidik dan membekali para Taruna dan Siswa Korps Marinir agar memiliki keterampilan untuk melaksanakan Tugas Komando, yang dititik beratkan pada keterampilan perorangan dan satuan kecil, secara teliti dan benar, sehingga mampu mengaplikasikannya dalam dinas dan penugasan.

Adapun tahapan dalam pelaksanaan Dikko ini adalah Tahap Dasar Komando selama 19 hari di Karangtekok Situbondo, Tahap Laut selama 13 hari di Pantai Jangkar Asembagus Situbondo, Tahap Hutan dan Gunung selama 23 hari di Hutan Selogiri Banyuwangi, Tahap Gerilya Lawan Gerilya (GLG) selama 9 hari di Banyuwangi dan terakhir Tahap Lintas Medan (Limed) selama 13 hari dari Banyuwangi sampai dengan Pantai Baruna Malang Selatan sejauh 350 km.

Sebagai penutup upacara, dilaksanakan tradisi orientasi yang ditutup dengan Janji Komando oleh para Siswa Dikko. Kadepmar AAL Kolonel Marinir Rana Karyana, sebagai Pimpinan Latihan Lattek Dikko 173 Taruna Korps Marinir Angkatan 71 yang turut hadir menyerahkan secara simbolis satu unit Sepeda motor Trail kepada Komandan Satgaslat Dikko 173.

×